Langsung ke konten utama

WELCOME

<< Selamat Datang di Blog Pendidikan Lukas Ngiso Wea, ST >> << Selamat Datang di Blog Pendidikan Lukas Ngiso Wea, ST >>

PEMANTAPAN PEMBELAJARAN DAN PENILAIAN PADA IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 SMA (Direktorat PSMA DirJendikDasMen Kemdikbud)

Grand Inna Malioboro-Yogyakarta  : 11 Juli 2018 
ISU-ISU IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DAN MUTU SMA TAHUN 2018
1.Pelaksanaan pembelajaran dan penilaian di sekolah belum diterapkan sesuai karakteristik Kurikulum 2013 dan kebijakan terkini (PPK, literasi, pembelajaran abad 21, HOTS)
2.Hasil analisis soal USBN 2018 pada beberapa SMA Rujukan berada pada C1-C3
3.Mutu soal USBN beragam
4.Penurunan nilai UN
5.Penerapan PPK dalam pembelajaran
6.Heboh dan viral di medsos tentang soal HOTS pada UN
7.Tersebar rangkuman informasi tentang Kurikulum 2013 di grup WA

FASILITASI IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013
1.Bimbingan teknis bagi fasilitator, guru matapelajaran, kepala sekolah, dan pengawas sekolah;
2.Pendampingan pelaksanaan pembelajaran di sekolah;
3.Penyediaan buku referensi;
4.Pembuatan video pembelajaran dan video feature;
5.Penyusunan e-modul;
6.Penyusunan e-rapor; dan
7.Naskah-naskah pembelajaran dan penilaian

PELIBATAN PELAKSANAAN KURIKULUM 2013 DI TINGKAT SEKOLAH
(KEBIJAKAN, SUBSTANSI, DAN TEKNIS)
1.Balitbang (Puskurbuk dan Puspendik)
2.Ditjen. GTK
3.Badan Standar Nasional Pendidikan
4.PASKA
5.Dapodik
6.LPMP
7.Dinas Pendidikan Provinsi
8.Pengawas SMA
9.Kepala SMA
10.Guru SMA
Pada kenyataannya memang harus diakui bahwa pelibatan berbagai pihak dan fasilitasi implementasi Kurikulum 2013 di SMA belumsepenuhnya mampu memahamkanmemampukandan menggerakan pelaku utama Kurikulum 2013 di sekolah yaitu Kepala Sekolah dan Guru untuk melaksanakan pembelajaran dan penilaian seperti yang diharapkan dalam konsep Kurikulum 2013.
LAMPIRAN PERMENDIKBUD NOMOR 103 TAHUN 2014 TENTANG PEMBELAJARAN PADA PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH.
Kurikulum 2013 menghendaki agar pencapaian kompetensi peserta didik sebagaimana yang diminta dalam Standar Kompetensi Lulusan, Konpetensi Inti, dan Kompetensi Dasar dilakukan melalui pembelajaran dengan menggunakan pendekatan saintifik atau pendekatan berbasis proses keilmuan dengan berbagai model pembelajaran seperti discovery learning, project-based learning, problem-based learning, inquiry learning, serta menggunakan modus pembelajaran langsung (direct instructional) dan tidak langsung (indirect instructional).
Seiring dengan konsep tersebut, dalam berbagai workshop, bimtek, pelatihan yang terkait dengan Kurikulum 2013 sering diuraikan mengenai kompetensi abad 21 (4 C), Higher Order Thinking Skills (HOTS), Penguatan Pendidikan Karakter, Literasi, dan Sience, Technology, Engineering and Mathematics (STEM) yang kesemuanya itu menjadi muatan bagi kepala sekolah dan guru untuk mengimplementasikannya di depan kelas.

PANDANGAN BERBAGAI PIHAK  TENTANG IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013
1.Proses pembelajaran masih dominan dikuasai oleh guru,
2.pelaksanaan pembelajaran masih satu arah,
3.model pembelajaran monoton,
4.ruang bagi peserta didik untuk membangun 4 C masih minim,
5.sajian soal-soal HOTS masih terbatas sehingga pembiasaan peserta didik untuk menyelesaikan soal-soal HOTS masih minim,
6.fasilitasi kepala sekolah bagi guru untuk menjalankan pembelajaran dan penilaian masih terbatas,
7. pada berbagai kasus adanya ketidak selarasan pemahaman dan penguasaan kebijakan dan konsep pembelajaran dan penilaian antara pengawas, kepala sekolah dan guru.
Proses pembelajaran pada SMA pelaksana Kurikulum 2013 dipandang masih dalam proses penyesuaian dari seperti tuntutan Kurikulum 2013.
Proses penyesuaian tersebut dinilai terlalu lama bagi sebuah perubahan (5 tahun) sehingga dipertanyakan apa yang salah dari implementasi Kurikulum 2013

FENOMENA LAIN BERKAITAN DENGAN PELAKSANAAN KURIKULUM 2013
“Kecenderungan menurunnya hasil Ujian Nasional (UN) tahun 2018 (tahun pelajaran 2017/2018) pada sebagian besar SMA termasuk SMA Rujukan (data riil masih sedang dalam proses Puspendik).
Meskipun penurunan tersebut mungkin tidak semata-mata karena penerapan Kurikulum 2013, tetapi sempat viral pada sosial media yang mempertanyakan tentang beberapa soal UN yang “sulit”. Soal-soal “sulit” yang menjadi pembahasan di sosial media ditengarai merupakan soal HOTS.
PERTANYAAN
Bagaimana proses pembelajaran terjadi di kelas jika disajikan beberapa soal HOTS pada UN tahun 2018 masih banyak peserta didik merasa kesulitan menjawab model soal tersebut.
Pertanyaan tersebut tentunya tidak dalam rangka membebankan persoalan kepada guru, tetapi ingin mengidentifikasi kenyataan yang terjadi didepan kelas, mengidentifikasi permasalahannya dan mencari solusi bersama agar maju bersama hebat semua.
Masih belum memuaskannya pelaksanaan Kurikulum 2013 di SMA sebagaimana diuraikan diatas, tentunya tidak terjadi disemua SMA dan disemua guru.
Diyakini bahwa terdapat banyak sekolah dan guru yang sudah menjalankan Kurikulum 2013 sesuai dengan kebijakan dan konsepnya bahkan tidak sedikit yang telah mengembangkan model-model pembelajaran inovatif mengikuti perkembangan pembelajaran dan penilaian abad 21.
Setiap informasi permasalahan dan kekurangan dalam pelaksanaan pembelajaran dan penilaian disekolah perlu direspon secara cepat dan tepat dalam menjawab permasalahan sekolah.
Banyaknya informasi-informasi tentang kebijakan dan substansi Kurikulum 2013 di sosial media (grup WA) seringkali menambah kebingungan kepala sekolah dan guru karena informasi tersebut juga tidak sesuai dengan kebijakan yang sedang dijalankan.
TARGET IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 TAHUN 2018 & 2019
1.SEMUA SMA MELAKSANAKAN KURIKULUM 2013
2.SEMUA SMA MELAKSANAKAN UNBK
3.SOAL USBN DI SEMUA SMA MEMUAT SOAL HOTS
4.PEMBELAJARAN ABAD 21 TERLAKSANA DI SEMUA SMA (MENGIMPLEMENTASIKAN 5M, 4C, PPK, LITERASI HOTS)
5.SEMUA SMA MENGGUNAKAN E-RAPOR
6.DAPODIK SEMUA SMA LENGKAP DAN UPDATED
7.NILAI UN SEMUA SMA NAIK
8. 650 SMA RUJUKAN BERPERAN SEBAGAI PUSAT KEBERHASILAN IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013
9.100 ORANG TIM PENGEMBANG KURIKULUM SMA BERPERAN SEBAGAI ROLE MODEL DAN AGEN PERUBAHAN PRAKTIK BAIK IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013

Viral WA
  1. Nama kurikulum tidak berubah menjadi kurikulum nasional tapi tetap Kurikulum 2013 Edisi Revisi yang berlaku secara Nasional.
  2. Penilaian sikap KI 1 & KI 2 sudah ditiadakan di setiap mata pelajaran hanya Agama dan PPKN namun KI tetap dicantumkankan dalam penulisan RPP.
  3. Jika ada 2 nilai praktik dalam 1 KD , maka yg diambil adalah nilai yang tertinggi. Penghitungan nilai ketrampilan dalam 1 KD ditotal (praktek, produk, portofolio) dan diambil nilai rata-rata. Untuk pengetahuan, bobot penilaian harian, dan penilaian akhir semester itu sama.
  4. Pendekatan scientific 5M bukanlah satu-satunya metode saat mengajar dan apabila digunakan maka susunannya tidak harus berurutan.
  5. Silabus kurtilas edisi revisi lebih ramping hanya 3 kolom. Yaitu KD, materi pembelajaran, dan kegiatan pembelajaran.
  6. Perubahan terminologi ulangan harian menjadi penilaian harian, uas menjadi penilaian akhir semester untuk semester 1 dan penilaian akhir tahun untuk semester 2. Dan sudah tidak ada lagi uts, langsung ke penilaian akhir semester.
  7. Dalam RPP, tidak perlu disebutkan nama metode pembelajaran yang digunakan dan materi dibuat dalam bentuk lampiran berikut dengan rubrik penilaian (jika ada).
  8. Skala penilaian menjadi 1-100. Penilaian sikap diberikan dalam bentuk predikat dan deskripsi.
  9. Remedial diberikan untuk yang kurang namun sebelumnya siswa diberikan pembelajaran ulang. Nilai Remedial adalah nilai yang dicantumkan dalam hasil.
  Salah satu hasil Bimtek Kurikulum Nasional yg akan diberlakukan tahun pelajaran baru.
Kelengkapan yg seharusnya dimiliki guru :
BUKU KERJA 1 :
  1. SKL, KI, dan KD
  2. Silabus
  3. RPP
  4. KKM

BUKU KERJA 2 :
  1. Kode Etik Guru
  2. Ikrar Guru
  3. Tata Tertib Guru
  4. Pembiasaan Guru
  5. Kalender Pendidikan
  6. Alokasi Waktu
  7. Program Tahunan
  8. Program Semester
  1. Jurnal Agenda Guru
BUKU KERJA 3 :
  1. Daftar Hadir
  2. Daftar Nilai
  3. Penilaian Akhlak/Kepribadian
  4. Analisis Hasil Ulangan
  5. Program Pembelajaran Perbaikan & Pengayaan
  6. Daftar Buku Pegangan Guru/Siswa
  7. Jadwal Mengajar
  8. Daya Serap Siswa Hb tidak
  9. Kumpulan Kisi soal
  10. Kumpulan Soal
  11. Analisis Butir Soal
  12. Perbaikan Soal
BUKU KERJA 4 :
  1. Daftar Evaluasi Diri Kerja Guru
  2. Program Tindak Lanjut Kerja Guru
Ini lah item2 yg harus di sediakan dan dipersiapkan oleh seorang guru, sdh ada kah di setiap kita?
Klu belum blm yok kita mulai mempersiapkannya, klu sdh mari sama2 ditingkatkan lagi
Penting Untuk Di Ketahui, Daftar Perubahan Istilah Dalam Kurikulum 2013 Terbaru
Assalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh.
Bpk/Ibu Guru Di Seluruh Indonesia
Berdasarkan PERMEN No 53/2015 dinyatakan tidak BERLAKU dan dirubah mnjdi PERMEN No 23/2016 tentang PENILAIAN revisi Kurikulum 13
  1. Istilah KKM berubah istilah dgn KBM ( Ketuntasan Belajar Minimal )
  2. Istilah UH berubah istilah dengan PH ( Penilaian Harian ).
  3. Istilah UTS berubah istilah dgn PTS ( Penilaian Tengah Semester )
  4. Istilah UAS berubah istilah dgn PAS ( Penilaian Akhir Semester ) Gasal/Genap
  5. Istilah UKK berubah PAT ( Penilaian Akhir Tahun )
PAT materi soalnya meliputi semester GANJIL 25 % dan semester *GENAP 75 %
> KENAIKAN KELAS LIHAT KBM ( 60 )
  1. Semester Ganjil = 55
  2. Semester Genap = 65

120 : 2 = 60 Tuntas

Siswa dinyatakan TIDAK NAIK KELAS
  1. Terdapat 3 nilai Mapel yang KBMnya tidak TUNTAS.
  2. Nilai Pengetahuan Ki.3 harus Tuntas.
  3. Nilai Ketrampilan Ki.4 harus Tuntas.
  4. Ki.1 dan Ki.2 harus BAIK.
KKM ( KBM ) semua mapel sama.
Ki 1 dan Ki 2 Observasi guru dalam jurnal yang ditulis yang KURANG dan yang AMAT BAIK
1) Sikap dikatakan Tuntas, jika predikat minimal B (baik)
2) Pengetahuan dan Keterampilan , dikatakan Tuntas jika predikat Minimal C.
3) K-13: Sebuah mapel dikatakan Tuntas , jika Pengetahuan dan keterampilan Tuntas.
4) 2006: Sebuah mapel dikatakan tuntas jika pengetahuan dan keterampilan (jika ada keterampilan), dan sikap tuntas.
5) Tidak perlu bingung dg Prefikat C pada mapel Pengetahuan dan Keterampilan, krn C berarti sdh Tuntas.
6) Predikat untuk Pengetahuan dan Keterampilan, didasarkan pd KKM masing2 sekolah.
Contoh:
jika KBM 75,maka
< 75. = D (tidak tuntas)
75-82. = C (tuntas dg cukup)
83 – 90. = B (tuntas dg baik)
91-100. = A (tuntas dengan sangat baik)
7) Jadi jangan menaik-naikkan nilai untuk mengejar B, atau menurunkan KBM dari yg sdh ditetapkan masing2 sekolah.
8) Predikat pengetahuan dan keterampilan tidak berpengaruh pada SNMPTN.
REMIDI —> Materi yang pernah diujikan.
Terima Kasih
Maju Bersama Hebat Semua

Komentar

Postingan Populer

PENELUSURAN DATA ALUMNI SMA NEGERI 1 BAJAWA

DALAM RANGKA MEMBANGUN IKATAN ALUMNI DAN KEPEDULIAN TERHADAP ALMAMATER SMAN 1 BAJAWA, MAKA DIRASA PERLU UNTUK MELAKUKAN PENELUSURAN DATA ALUMNI SMA NEGERI 1 BAJAWA. MOHON KESEDIAAN PARA ALUMNI SMA NEGERI 1 BAJAWA, UNTUK MENGISI DATA ALUMNI, PADA LINK INI  Penelusuran Data Alumni SMAN 1 Bajawa

SIAP PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru) Online SMA NEGERI 1 BAJAWA Tahun Pelajaran 2019/2020

1. PERSYARATAN PERSYARATAN UMUM Persyaratan PPDB bagi calon peserta didik baru SMA/SMK, sebagai berikut : memiliki SHUN SMP/SMPLB/MTs, DNUN Paket B; berusia maksimum 21 (dua puluh satu) tahun pada hari pertama masuk sekolah; dan memiliki Kartu Keluarga (KK). Persyaratan PPDB bagi calon peserta didik baru SDLB, SMPLB, dan SMLB diatur oleh satuan pendidikan masing-masing. PERSYARATAN KHUSUS Persyaratan Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru SMA dan SMK adalah sebagai berikut: Mengisi formulir pendaftaran yang sudah disediakan oleh panitia sekolah sesuai dengan Formulir Peserta Didik dari Dapodik untuk yang  offline  dan mengisi formulir secara  online  apabila mendaftar pada sekolah yang melaksanakan Penerimaan Peserta Didik Baru secara  online ; Foto copy ijazah SMP/MTs/Paket B atau surat keterangan lain yang setara dengan membawa/menunjukkan aslinya; Foto copy SHUN dengan membawa aslinya, jika SHUNnya b...

Penerimaan Peserta Didik Baru SMA Negeri 1 Bajawa Tahun Pelajaran 2019/2020

MEKANISME SELEKSI  A.   PPDB dengan mekanisme   zonasi sebanyak 90 %   dari daya tampung sekolah, dilaksanakan        dengan ketentuan sebagai berikut : seleksi PPDB dengan mekanisme zonasi dilakukan berdasarkan zonasi kelurahan/desa dan pendaftaran ditutup sementara oleh sistem saat Kuota daya tampung penuh; pada hari pertama pendaftaran hanya dibuka untuk calon peserta didik yang tinggal pada zona satu, apabila sudah penuh, maka pendaftaran akan tertutup secara otomatis, sedangkan zona dua akan dibuka pada hari kedua apabila kuota  masih  belum terpenuhi; verifikasi dilakukan melalui operator sekolah yang dituju pada saat itu juga setelah melakukan pendaftaran secara online ; verifikasi dilakukan setelah pendaftaran paling lambat pada hari itu juga dan yang tidak melakukan verifikasi dinyatakan mengundurkan diri; apabila saat verifikasi ditemukan ketidaks...

PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU (PPDB) ONLINE SMK NEGERI JEREBUU, TAPEL 2020/2021

Telah dibuka Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) secara Online SMK Negeri Jerebuu Tahun Pelajaran 2020/2021. Bagi para Lulusan SMP/MTs yang berminat dan berkeinginan melanjutkan Pendidikan ke Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), silahkan bergabung bersama SMK Negeri Jerebuu.  Pendaftaran dibuka mulai tanggal 27 April 2020 sampai dengan 30 Mei 2020, dengan kuota daya tampung siswa sebanyak 72 siswa.  Berikut Alamat Link PPDB Online SMK Negeri Jerebuu, SILAHKAN KLIK di alamat link / tautan di bawah ini 👇👇👇: PPDB SMK NEGERI JEREBUU 2020/2021 Ayo Buruannn Daftar...Wassalammmm.... Bagi yang ingin melihat Panduan atau Tata Cara melakukan Pendaftaran, dapat melihat Video Youtube di tautan berikut ini 👉  Panduan/Cara Mendaftar

DIRGAHAYU RI KE 74...DARI KAMI DRUMBAND " GITA BAHANA " SMAN 1 BAJAWA...

Hari ini adalah hari yang ditunggu-tunggu bagi para generasi penerus Bangsa Indonesia. Generasi-generasi  yang sampai saat ini masih mempertahankan perjuangan para pendahulunya, melanjutkan usaha para pejuang-pejuang sejati yang telah mempertaruhkan nyawanya demi Bangsa yang mereka cintai, membela tanah Ibu Pertiwi ini hingga akhir hayat. Inilah hari paling bersejarah di Indonesia.  Hari Kemerdekaan Republik Indonesia Ke 74 . Sungguh di zaman serba modern ini, kita tetap bisa mengingat  akan hal-hal yang telah diperjuangkan oleh Bangsa ini dalam meraih Kemerdekaan. Penting sekali akan sebuah Kemerdekaan yang telah diraih dengan jerih payah para pejuang yang telah mendahului kita. Sebuah kehormatan besar untuk para  pejuang dalam membela Bangsa ini. Dirgahayu RI ke 74 dari kami SMAN 1 Bajawa... Special Thanks to : ( Fotografer : ChiccoPhoto Bajawa )...

Selamat Jalan Guru..Sang Inovator..Sang Motivator..Kepsek Kebanggaan..

Sore itu, udara menyambut dingin menggigilkan dan menyegarkan malam kami terkejut; aduh, bunga-bunga ruang batinku terbakar oleh berita tubuhmu yang kaku, guru kami tak bisa menerima keputusan Sang Ilahi:   jangan renggut hatinya yang lepas   jangan kekang jiwanya yang terbuka kenapa Dia cepat mengangkat jiwanya saat negeri ini membutuhkan pewarisnya:   yang setia berteriak hak   yang kepalkan tangan merdeka   yang menebar benih cinta   yang menyebar tawa ceria yang ajarkan arti bersama     tapi, angin benar-benar melepaskan dedaunan Sang Ilahi datang membawa syair-syair cinta tentang pengembaraan burung-burung Attar dan kami benar kehilanganmu, guru beginilah kami yang kau tinggal masih terlalu ranum, sepasang matamu yang berbinar dan bibirmu yang mekar cinta masih belum bisa kami lupa selamat jalan guru ! selamat jalan Bapak Romanus Rinu. Bajawa, 09 Agustus 2019

Menengok Finlandia, Negara dengan Sistem Pendidikan Terbaik di Dunia

Beberapa orang mungkin lebih mengenal Finlandia sebagai negara asal raksasa produsen handphone, yaitu Nokia. Hanya sedikit orang yang tahu bahwa Finlandia juga memiliki sistem pendidikan yang sangat baik, bahkan yang terbaik di dunia. Jangan terkejut apabila tidak mendapati Amerika Serikat, Jepang atau Jerman pada urutan pertama. Kiblat pendidikan dunia saat ini memang sedang mengarah ke Finlandia. Amerika Serikat sendiri berada jauh dibawah level Finlandia, tepatnya di urutan ke-17. Lalu, dimana daya tariknya sistem pendidikan di Finlandia dengan negara-negara lainnya khususnya Indonesia? Jawabannya adalah pada kemandirian siswa dan gurunya. Di Finlandia kemandirian dalam mengikuti proses belajar mengajar itu tidak hanya dinikmati oleh guru-gurunya yang begitu dihormati tetapi juga ditularkan kepada para pelajar melalui berbagai kesempatan-kesempatan penting. Salah satunya dimana setiap pelajar diberi otonomi khusus untuk menentukan jadwal ujiannya untuk mata pelajaran yang men...

Benarkah ? Kurikulum 2021 akan Menyengat ...........

Setelah menghapuskan Ujian Nasional dan menggantinya dengan Asesmen Kompetensi Minimum dan Survei Karakter yang beberapa waktu lalu sudah memasuki tahap sosialisasi oleh Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan, kali ini Balitbang dan Perbukuan Kemdikbud melalui Pusat Kurikulum dan Perbukuan juga melakukan sosialisasi mengenai Penyederhanaan Kurikulum. Meskipun belum merilis secara resmi mengenai nomenklatur dari kurikulum baru ini yang dibungkus dengan istilah Penyederhanaan Kurikulum, namun bisa dipastikan akan banyak kejutan dan "sengatan" yang akan terjadi kepada banyak pihak. sebut saja nama kurikulum ini adalah KURIKULUM 2021. Ingat "sengatan" lebah itu di satu sisi mungkin akan terasa "sakit", namun di sisi lain akan dapat menjadi terapi bahkan pengobatan beberapa jenis penyakit melalui sengatan tersebut. Lalu bagaimanakah gambaran dari Kurikulum 2021 ini ?  1. Kurikulum 2013 dengan KI/KD per tingkat kelas akan disederhanakan dengan Capaian P...

Pandemi Covid-19, Momentum : Migrasi menuju Layanan Pendidikan Digital (Daring)

Penyebaran pandemi virus corona atau COVID-19 di Indonesia membuat banyak universitas dan sekolah menghentikan proses pembelajaran tatap muka. Sebagai gantinya, pembelajaran dilakukan jarak jauh atau remote learning. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim juga berupaya membangun kerja sama dengan berbagai pihak yang fokus mengembangkan sistem pendidikan daring. Penerapan pembelajaran daring ini menuntut kesiapan bagi kedua belah pihak, baik itu dari penyedia layanan pendidikan atau dari peserta didik sendiri. Bagaimanapun juga, pembelajaran secara daring dan jarak jauh membutuhkan bantuan teknologi yang mumpuni dan dapat diakses dengan mudah. Selain itu, para murid atau mahasiswa juga mesti siap beradaptasi dengan perubahan pembelajaran yang diatur oleh sekolah dan universitas. Pandemi Covid-19 memaksa kebijakan social distancing, atau di Indonesia lebih dikenalkan sebagai physical distancing (menjaga jarak fisik) untuk meminimalisir persebaran Covid-19. Jadi, ...